Hi moms, anda masih inget kan dengan artikelku yang judulnya “6 hal kenapa anda harus bisa menjahit” ? Di tulisan ini, aku mau cerita sedikit ya khusus untuk yang nomor 2 (membuat pakaian baru dari pakaian lama anda). Anda pasti punya baju favorit/kesayangan semasa masih gadis, remaja atau malah sudah jadi ibu-ibu, tapi karena ukurannya yang sudah kecil, jadi tidak muat lagi 🙁 . Nah kalau baju-baju itu masih bagus atau misalnya hanya ada sebagian kecil saja bagian yang sobek/rusak, kenapa nggak kita rombak/remade aja buat anak kita ? daripada dibuang jangan, dikasih orang sayang.
Bukannya kita pelit ya, tapi menurut ku di baju-baju itu banyak tersimpan cerita dan memori kita dulu, jadi sayang sekali kalau harus di hilangkan/dibuang. Jadi tidak masalah kalau misalnya, warna, motif atau modelnya yang kuno atau sudah tua, tapi yang lebih penting adalah memori/cerita yang ada di baju itu sendiri dan masih nyaman dipakai oleh anak kita. Baju baru memang banyak yang jual dengan model yang bagus-bagus dari yang murah sampai yang super mahal, dari yang kodian di Pasar Tanah Abang sampai yang ekslusif di butik-butik bermerk international di Plaza Indonesia misalnya,….tapi semua itu ngk ada harganya dibandingkan dengan baju lama kita………ada ikatan emosional di baju-baju lama kita.


Aku sudah beberapa kali menerima pesanan jahitan ini, tapi sayang tidak sempat aku dokumentasikan. Tapi aku coba tampilkan beberapa baju milikku yang aku jadikan baju untuk anak perempuanku Inaya.

our princess Inaya 1Kalau dilihat dari warna bahan atau motif memang tidak terlalu bagus ya, tapi dari sisi historis/memori baju-baju itu sangat berarti bagiku loh. Mereka adalah baju-baju favorit ku waktu masih ngontrak di petakan dulu di daerah Pondok Aren dan Rempoa. Bahannya enak dipakai karena terbuat dari kain katun yang lembut. Meskipun sudah lama, tapi baju ini masih bagus dan kainnya masih enak dipakai, daripada di jadikan lap, mending aku remade aja jadi baju anakku.
Betapa cepat waktu berlalu, dulu sewaktu aku mengandung anakku yang kedua, baju inilah yang aku pakai, sekarang ketika anakku berumur 5 tahun, dia yang memakai baju hamil ku itu 🙂 .
Cuma masalahnya apa semua penjahit mau menerima orderan kayak gini ?  terus kadang-kadang kita juga malu ya kalau mau jahitin model gini, takut di bilang pelit atau sok sentimentil 🙂  …..

Itu dia moms, makanya anda harus punya penjahit langganan yang akrab dan bisa mengerti semua keinginan anda tanpa memusingkan hal-hal seperti gengsi, malu , dll kayak aku ini hihihi ……..
Atau…..sudah saatnya bagi anda untuk belajar menjahit nih ??….siapa takut ….


Tags: , , , , , , ,

3 comments

  1. tamee
  2. atiek

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply