Posts Tagged ‘butik’

Di artikel ini, aku akan sharing cara membuat kancing bungkus, artikel ini akan aku bagi menjadi dua bagian. Artikel pertama adalah alat-alat atau bahan yang kita perlukan untuk membuat kancing bungkus dan artikel kedua tentang cara pembuatan kancing bungkus (tunggu ya 🙂 ).

BTW, anda tau kan yang dimaksud dengan kancing bungkus itu 🙂 ….. hehehe paling gampang liat deh kancing yang dipakai di kebaya, pasti kancing bungkus, bukan kancing biasa seperti kancing kemeja atau kancing variasi lainnya. Selain kebaya, model pakaian lain juga banyak yang menggunakan kancing bungkus, termasuk produk-produk pakaian rumahjahithaifa, kenapa ? karena terlihat lebih indah, cantik, pas, enak, dll …. 🙂 iya soalnya kain yang kita gunakan untuk kancing bungkus itu kita ambil dari kain bajunya kan, jadi antara kain baju dan kancing jadi klop.

Kembali ke topik utama, alat – alat yang kita perlukan untuk membuat kancing bungkus antara lain adalah :

1. Mesin press. Mesin press kancing bungkus bisa anda lihat pada gambar di sebelah kanan ini. Mesin press ini bisa anda beli di pasar Tanah Abang Blok F lt.2 atau di tempat langganan anda.




mesin-press-kancing-bungkus2. Kepala/head atau dudukan kancing.Setelah membeli mesin pressnya, anda juga perlu membeli head/kepala/dudukan kancingnya (lihat gambar dibawah ini). Kepala/Head kancing bungkus memiliki beberapa ukuran yaitu 18,22,24,26……dll. Makin besar headnya makin mahal harganya. Yang paling sering aku buat adalah ukuran 18,22 dan 24. Karena harganya yang lumayan mahal, tidak perlu membeli semua ukuran, cukup beli yang paling kita gunakan saja. O iya, kancing bungkus itu memiliki 3 varian, yaitu gepeng, bulat dan lancip (sudah tersedia dalam satu kotak/set). Nah, didalam satu kotak kepala/head kancing bungkus terdiri dari beberapa alat. Untuk penggunaannya tunggu artikel selajutnya ya 🙂

Read More

mesin-jahitTernyata mencari penjahit (halus) wanita itu susah. Ya, seiring makin banyaknya orderan di rumahjahithaifa selayaknyalah aku mengambil tenaga tukang jahit tambahan karena aku takut orderan tidak selesai tepat waktu dan menumpuk dan yang paling penting adalah aku takut anak-anak malah terlantar gara-gara ibunya sibuk menjahit.  Tapi mencari tenaga tukang jahit itu tidak gampang, apalagi penjahit wanita dan yang bisa menjahit halus. Kalau anda sering belanja ke toko-toko benang pasti deh banyak iklan yang dipasang disana yang intinya mencari tenaga penjahit halus dan berpengalaman, padahal iklan itu sudah terpasang lama sekali dan belum dilepas juga. Aku sengaja memilih penjahit wanita bukan penjahit pria, karena lebih nyaman saja. Karena produksi aku kerjakan di rumah rasanya tidak nyaman kalu ada laki-laki lain dirumah selain itu yang aku tau, kebanyakan penjahit pria itu suka merokok sewaktu bekerja….walah bisa bikin polusi nih dirumah. Wanita juga biasanya lebih telaten dan rapi kan dalam bekerja. Tapi ya itu, entah mengapa penjahit itu kebanyakan kok laki-laki ya ? padahal sewaktu aku kursus menjahit dulu, teman-teman sekelasku itu wanita semua loh ! pada kemana ya mereka.

Memang ada beberapa kandidat penjahit wanita yang pernah datang, tapi kebanyakan mereka belum bisa menjahit halus alias menjahit kasar, soalnya mereka itu kebanyakan jebolan konveksi yang bangkrut gara-gara krisis global kemarin. Dari beberapa kandidat itu ada yang aku terima, mungkin dengan kesabaran aku masih bisa lah melatih mereka, tetapi setelah beberapa lama aku jalani kok malah tidak efektif ya ? soalnya banyak dari baju-baju hasil jahitan mereka yang aku bongkar ulang dan akhirnya aku jahit sendiri, jadi banyak waktu yang terbuang. Lucunya, ada yang malah tersinggung kalau aku supervisi, mungkin dia merasa pernah bekerja di konveksi  yang besar dan tidak ada yang mempermasalahkan kualitas jahitannya, kok di rumahjahithaifa yang rumahan malah nggak diterima ya ? padahal sudah berkali-kali aku kasih tau kalau di rumahjahithaifa,  kualitas itu nomor satu,  kualitas butik,  jahitan harus halus jangan mengejar kuantitas. Kalau sudah begitu, ya terpaksalah aku memutus hubungan kerja.

Setelah tanya-tanya, ternyata sekarang banyak yang menggunakan cara titip jahit,  atau mereka para penjahit itu mengerjakan jahitannya di rumah masing-masing, jadi aku hanya drop bahan yang sudah dipotong saja. Bagiku cara ini bukanlah pilihan yang tepat, karena aku tidak bisa melakukan supervisi langsung, selain itu mereka biasanya menggunakan mesin obras kecil (3 benang) padahal di rumahjahithaifa aku sudah bikin standar untuk obras menggunakan mesin besar (4 benang) yang hasilnya lebih rapi dan kuat, belum alat-alat yang lain seperti jarum, benang dll.




Biasanya, mereka yang sudah terampil dan pintar menjahit halus membuka jasa jahitan sendiri alias usaha sendiri :), jadi agak susah mencari stok penjahit bagus nih. Mungkin juga karena lokasi rumahku ya yang kurang “strategis” buat mencari penjahit, mungkin kalau disekitar ceger, pondok aren atau cipadu masih banyak tenaga penjahit bagus yang bisa dipakai…..ada yang mau melamar jadi penjahit ?????

by

In:

Comments Off on Kualitas jahitan (lagi)

images (2)Sekali lagi tentang kualitas jahitan di rumah jahit haifa. Jika sebelumnya aku pernah menulis tentang kualitas jahitan dan penjahit yang baik, maka di sini aku cuma mau menjelaskan sedikit saja dan sekali lagi tentang jahitan di rumah jahit haifa.
Di semua produk baju yang dibuat di rumah jahit haifa, kampuh (sisa jahitan) selalu berkisar 2 cm, tidak lebih dari itu karena akan terlihat jelek dan tidak kurang dari itu (bahkan pas) seperti produk lain. Mengapa bisa begitu ? Karena dengan kampuh yang lebih itu, bisa dijadikan spare bila sewaktu-waktu akan di resize ukurannya, tapi harap diingat, resize hanya efektif untuk satu ukuran saja misal dari S ke M atau M ke L, sebisa mungkin jangan lebih dari itu, karena kampuh 2 cm hanya cukup untuk resize satu ukuran saja.
Itulah kelebihan di rumah  jahithaifa, bila anda membeli baju disini, aku masih bisa customize sesuai dengan ukuran tubuh (resize) misal anda tertarik dengan produk HGM006 tapi karena ukurannya kurang besar satu ukuran, di rumah jahit haifa masih bisa meresizenya, tentu saja dengan kualitas jahitan yang bagus juga. Atau seandainya anda kurang yakin dengan standar ukuran disini, setelah barang anda terima, anda masih bisa melakukan resize ke tukang jahit langganan anda, karena panjang kampuh tadi yang telah kami sediakan. Itulah bedanya belanja baju disini dengan belanja baju di tempat lain….kala ditempat lain “buy or bye-bye” alias “beli atau selamat tinggal“, di rumah jahit haifa tidak hanya menjual produk tapi juga menawarkan solusi…….atau mungkin anda malah punya ukuran badan  dan model baju sendiri ? tidak masalah disini…..

Kunjungi toko online kami di www.haifagallery.com untuk melihat koleksi busana RJH.




Kira-kira kriteria penjahit yang baik menurut anda itu seperti apa ya ?

Dulu sebelum aku menjadi penjahit, aku lebih sering dikecewakan sama yang namanya penjahit loh ! hampir tidak ada penjahit yang benar-benar memuaskanku. Dari hal-hal mendasar sampai dengan hal-hal kecil, ada aja yang bikin aku sebel. Beberapa hal yang bikin aku sebel misalnya :

•    tidak tepat waktu. Kalau memang tidak sanggup untuk mengerjakan jahitan tepat pada waktunya ya bilang aja tidak bisa alias ditolak, kan aku bisa nyari penjahit yang lainnya.Terus, kadang-kadang masalah ini (waktu selesainya) dijadikan senjata oleh penjahit tsb untuk meminta ongkos lebih, dengan alasan banyak orderan, dia minta ongkos lebih supaya bisa menjahitkan baju kita padahal lagi nggak ada orderan




•    kelebihan bahan tidak dikembalikan. Maksudku, kan banyak orang yang tidak tahu ukuran bahan yang di perlukan  untuk membuat sebuah baju, nah kadang sisa bahan masih banyak, nah cuma jarang penjahit yang mau mengembalikan sisa bahan itu  ke pemiliknya. Hal itu pernah aku alami sendiri, cuma waktu itu aku belum tahu berapa banyak bahan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah baju (salah aku juga sih tidak pernah bertanya ke penjahitnya). Padahal sisa-sisa bahan itu bisa kita manfaatkan misalnya untuk celana anak, baju anak dll.

Read More

  • Ada yang suka dapat "jatah" bahan seragam untuk acara tertentu? Umumnya untuk acara nikahan kerabat, teman, saudara… https://t.co/imBNwM5Roa

  • https://t.co/JN4SJw90ec

  • https://t.co/fEwqR3y9ss

  • https://t.co/E3rwEWvgKi

  • https://t.co/f0hTnm5sX4

  • https://t.co/Un5j1cXb4W

  • Gamis batik Haifa https://t.co/Jm3AiUZo2o

  • linenlook – bahan baru untuk gamis haifa https://t.co/9OvLgxCMJH

  • 2.5 m x 1.5 m adalah minimal ukuran kain untuk gamis Haifa https://t.co/nHHNgklBRM

  • haifa gallery Vs inayalooks, apa bedanya ?? https://t.co/C4y8FRP6jE

  • Gamis Haifa, Real Clothes for Real Women https://t.co/arIo8XX3MM

  • Kain Toyobo atau kain Foyobo ? beda atau sama sih https://t.co/Cm7BXgDkfQ

  • https://t.co/LYWAYCOGtk

  • janome SUV1122,...alhamdullilah masih sehat, masih bisa "menghasilkan " :) ... https://t.co/MUmNiF74Jb

  • Artikel terbaru di blog RJH, menjawab pertanyaan cara meningkatkan kualitas jahitan, bisa dibaca disini ya :... https://t.co/2aKT13d0fB

  • https://t.co/6zRGzAyKu4

  • https://t.co/U8SwUmjTgi

  • Segenap kru Rumah Jahit Haifa, Haifa Gallery dan Inayalooks mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H... https://t.co/djVIbQTmMX

  • https://t.co/bPPq1aJWTH

  • dimasa kini, kancing tersedia dalam banyak ukuran dan bentuk serta terbuat dari banyak pilihan material...tapi... https://t.co/x37QiL8hos