Archive for the ‘Tutorial, Tips & Trik’ Category

Tepat di hari Sabtu di bulan puasa ini, …..alhamdullilah, akhirnya punya mesin jahit baru (lagi) ^_^, tapi yang ini spesial, karena saya tekadkan untuk pegangan pribadi saja, bukan untuk di taruh di workshop RJH ^_^.

Iya, jadi ceritanya, saat ini saya praktis tidak punya mesin pegangan lagi, kalaupun mau pakai mesin yang ada di WS RJH, baru bisa digunakan kalau diatas jam 21:00 atau di hari Minggu, setelah krew pulang atau libur…padahal selain tangan ini takut kaku, juga banyak nih stok kain nunpuk untuk proyek pribadi yang belum tersentuh ^_^.

Dengan diantar suami berSpin ria dari Serpong ke Kota (note: suzuki spin lo, bukan chevrolet spin), dimulailah perjalanan untuk mencari mesin jahit baru itu. Rencana awal sih  pingin beli di daerah Toko Tiga-Kota, tapi pas kebetulan sampai disana, luar biasa parah macetnya !!!… memang banyak toko mesin disana, tapi bingung parkirnya ! bahkan untuk sebuah motor, bagaimana kalau yang datang naek mobil ? Ditengah arus lantas yang muacet-cet + di guyur hujan, kami putuskan untuk balik kanan saja deh, kembali ke toko mesin dulu kami membeli mesin jahit andalan pertama RJH, mesin jahit portable Yamazaki di toko mesin Aneka Mesin Jahit di Jl.P.Jayakarta.

beli mesin jahit portable

Bagi yang sudah pernah datang ke toko mesin ini, pasti tau, kalau disana nanti kita akan dikasih 5 pilihan tipe mesin jahit.

Sebenarnya target awal saya adalah mesin jahit Brother GS2700, seharga 1.9 jt. Tapi biasa deh, kalau udah disana mah, maunya yang bagusan lagi ^_^…kalau berdasarkan  buku panduan di toko ini, untuk selevel RJH/Professional harusnya beli mesin jahit tipe/level 5 yang harganya berkisar 5 – 13 jtan tuh hehehe. Nah, untuk mesin jahit Brother GS2700 tadi, ada di level no.2 setingkat dengan mesin Yamazaki saya dulu, cuma yang ini casing luarnya dari plastik semua, dan suara mesinnya masih cukup keras.




Read More

Meskipun artikel ini saya tulis untuk penjahit, tapi sepertinya masih relevan kok bagi anda yang bukan penjahit, selama masih membutuhkan hanger baju untuk busana anda, khususnya gamis atau gaun ^_^.

Hanger baju atau gantungan baju merupakan salah satu alat yang mutlak/harus dimiliki oleh seorang penjahit. Fungsi hanger baju tersebut adalah untuk mengantung baju, baik yang masih dalam proses finishing/setengah jadi atau baju yang sudah jadi/selesai. Selain terlihat lebih rapi, hanger atau gantungan baju ini juga mencegah kain kusut bila hanya dilipat saja.

JANGAN ASAL PILIH HANGER BAJU

Tapi, jangan asal pilih gantungan baju. Meskipun untuk penggunaan pribadi, anda juga tidak boleh asal memilih hanger baju terutama untuk baju berjenis sifone, sutra atau baju yang menggunakan kain yang “sensitif”.

Banyak ragam jenis hanger baju yang dijual, mulai dari yang harganya murah meriah sampai yang mahal. Lalu hanger baju seperti apa yang harus dihindari ?

“Ada harga ada rupa”, salah satu peribahasa yang sering kita dengar, dan inipun berlaku juga untuk hanger baju ^_^. Pengalaman saya menggunakan hanger baju yang murah (jenis plastik) selain mudah patah, hanger baju jenis ini memilik finishing cetakan yang kasar, sehingga berpotensi merusak baju. Pernah suatu kali, gamis sifone haifa, benangnya tertarik oleh sisa cetakan hanger yang kurang bagus ini, sehingga baju tersebut menjadi cacat, bayangkan jika hal ini terjadi di baju jahitan customer anda :(.

imagesSelain berbahan plastik, ada juga hanger baju “murah” yang terbuat dari logam/kawat, gambarnya bisa anda lihat seperti pada gambar dibawah ini.




Read More

Kalau menurut saya sih, gunting yang satu ini nih yaitu gunting Zig Zag sepertinya tidak terlalu kepakai deh sama penjahit baju seperti saya :), beda halnya untuk para pecinta kraft atau anda yang suka bikin aneka pernak-pernik dari bahan flanel dan sejenisnya ^_^.

gunting zig zag

Pertanyaanya adalah, kenapajuga dibeli gunting zig-zag ini ?? hi hi





Read More

Salah satu dari banyak pertanyaan yang saya terima, adalah bagaimana cara menjahit menggunakan benang karet ?

Biasanya jahitan menggunakan benang karet ini tidak diaplikasikan pada semua baju, tetapi hanya pada bagian-bagian tertentu saja, misal : bagian pinggang, ujung tangan dan bagian leher pada beberapa baju. Contoh aplikasi benang karet di bagian belakang pada blouse disamping.contoh jahitan benang karet

Nah, biasanya banyak yang belum tahu atau terbiasa menjahit menggunakan benang karet ini. Ada yang bingung dimana meletakkan benangnya, apakah sama posisinya dengan benang biasa, jalurnya atau ada cara khusus ?

Sebetulnya menjahit dengan benang karet itu, jalur benangnya sama seperti biasanya, hanya yang membedakan adalah, spul yang biasanya diisi benang jahit biasa, diganti dengan benang karet, sedangkan benang pada bagian atas menggunakan benang jahit biasa, jalur benangnya juga sama seperti biasa (lihat photo dibawah).




Read More

  • Gamis batik Haifa https://t.co/Jm3AiUZo2o

  • linenlook – bahan baru untuk gamis haifa https://t.co/9OvLgxCMJH

  • 2.5 m x 1.5 m adalah minimal ukuran kain untuk gamis Haifa https://t.co/nHHNgklBRM

  • haifa gallery Vs inayalooks, apa bedanya ?? https://t.co/C4y8FRP6jE

  • Gamis Haifa, Real Clothes for Real Women https://t.co/arIo8XX3MM

  • Kain Toyobo atau kain Foyobo ? beda atau sama sih https://t.co/Cm7BXgDkfQ

  • https://t.co/LYWAYCOGtk

  • janome SUV1122,...alhamdullilah masih sehat, masih bisa "menghasilkan " :) ... https://t.co/MUmNiF74Jb

  • Artikel terbaru di blog RJH, menjawab pertanyaan cara meningkatkan kualitas jahitan, bisa dibaca disini ya :... https://t.co/2aKT13d0fB

  • https://t.co/6zRGzAyKu4

  • https://t.co/U8SwUmjTgi

  • Segenap kru Rumah Jahit Haifa, Haifa Gallery dan Inayalooks mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H... https://t.co/djVIbQTmMX

  • https://t.co/bPPq1aJWTH

  • dimasa kini, kancing tersedia dalam banyak ukuran dan bentuk serta terbuat dari banyak pilihan material...tapi... https://t.co/x37QiL8hos

  • https://t.co/9HL71yEM26 https://t.co/ZXM2huSTKn

  • https://t.co/sG5tV0O0X2

  • https://t.co/bTAvrezdqz

  • https://t.co/sXap4dkpxP

  • https://t.co/eS003feaDg

  • https://t.co/EB5NuXimgt