ini adalah artikel yang aku copas dari koran KOMPAS, lupa edisi tanggal berapa.

Bekerja di Rumah, Why Not?

Banyak di antara kita yang berhenti bekerja begitu memiliki Si Kecil. Sebagian besar teman Anda mungkin akan menyayangkan keputusan Anda. Namun, percaya lah, Anda tidak mengambil keputusan yang salah. Anda bisa merasakan betul bagaimana merawat anak, tidak membiarkannya tumbuh besar dalam pengaruh pembantu rumah tangga atau baby sitter-nya, dan mampu mendukung penuh aktivitasnya.

Namun ketika anak sudah mulai bisa ditinggal, Anda mulai merasa kangen dengan dunia kerja. Di lain pihak, anak yang makin besar juga membutuhkan lebih banyak biaya. Dalam situasi ini, Anda mulai berpikir-pikir untuk bekerja di rumah supaya tetap dapat mengawasi anak. Banyakkah pekerjaan yang ditawarkan? Cukupkah hasil yang diperoleh untuk membiayai kebutuhan, dan bagaimana supaya target pekerjaan terpenuhi?

Bidang Pekerjaan

Read More

label HaifaAkhirnya kesampaian juga keinginanku untuk memiliki label baju sendiri. Setelah cari-cari informasi tempat pembuatan label baju di internet (nggak nemu) akhirnya dateng langsung ke pasar tanah abang blok F. Ternyata disana banyak sekali toko yang bisa membuatkan label baju. Cukup kaget juga aku, ternyata minimal order itu harus 1000 lusin, bayangin deh 1000 lusin label baju……..
Setelah lihat-lihat model label baju yang ada disana, aku pilih desain yang minimalis dan simple saja (biar murah). Label baju yang aku buat adalah label yang untuk dipasang dikerah baju, dengan desain minimal akhirnya disepakati ongkos cetaknya Rp.750.000, dijanjikan selesai dalam waktu 1 minggu.
Waktu desain label, sempat bingung juga sih mau bikin seperti apa, setelah dipikir-pikir lagi, kan produk rumah jahit haifa tidak hanya pakaian saja, ada aksesoris seperti taplak, mukenah dll, akhirnya aku pilih label “Haifa  product” aja deh.

Setelah satu mingguan, label yang aku pesan telah selesai, ini dia labelnya :

Gambar dibawah adalah label baju yang telah aku aplikasikan kedalam produk bajuku (leher).

Sebenarnya kenapa sih aku ingin sekali membuat label baju, kalau dipikir-pikir 1000 lusin kapan habisnya kalau cuma untuk produksi rumahan yang bukan produksi massal, belum lagi harganya yang lumayan mahal ? nggak sayang emang ?
Dengan memiliki label sendiri, aku ingin agar orang lain tau/aware akan produk-produk yang aku buat dengan kata lain aku ingin membangun merk/brand sendiri.
Selain itu aku juga ingin menegaskan kalau semua produk baju yang aku jual adalah hasil produksi sendiri, jadi bukan pakaian jadi yang dibeli grosiran/kodian.
Dan yang lebih penting menurut yaitu aku jadi lebih semangat lagi untuk produksi, kenapa ? ya karena inget yang 750 ribu itu loh……jadi ingin buru-buru balik modal ….

Kunjungi toko online kami di www.haifagallery.com untuk melihat koleksi busana kami.




Berbicara tentang jahitan yang bagus atau sering disebut jahitan berkualitas butik, mungkin banyak sekali syarat atau kriterianya. Berikut ini aku coba kumpulkan beberapa ciri-ciri jahitan yang aku gunakan di Rumah Jahit Haifa :

1.  menggunakan stik kecil/halus. Semakin kecil stik yang digunakan maka jahitan semakin rapat -> makin kuat.Makin kecil stik-> makin banyak benang yang digunakan -> makin mahal :).1 cm = 4 s/d 6 stik.
2. obrasan rapi,  tidak mengkerut
3.  jahitan tidak mengambang/loncat
4.  menggunakan material yang berkualitas bagus, misalnya benang dan resleting.
5.  mengikuti standar pola internasional (tergantung penjahitnya sih), untuk wanita :
– lebar badan muka ditambah 1 cm dari lebar belakang.
– kerung lengan depan lebih masuk 1 cm dari belakang (jahitan lengan maju 1 cm dari jahitan samping badan)
– kampuh (sisa jahitan dalam minimal 2 cm)
6. presisi : ketepatan dalam pengerjaan terutama pada bagian yang tampak dari luar seperti : resleting, krag dan lubang kancing.
7. untuk kain bermotif, potongan motif harus pas/ketemu.
8. untuk pakaian wanita aku lebih sering menggunakan model ber kupnat.

Mudah-mudahan hal-hal diatas bisa termasuk ke kriteria jahitan yang bagus/berkualitas butik.  Mungkin anda punya informasi seputar kualitas jahitan atau sekedar komentar untuk jahitan ku, silahkan tulis komentar anda disini.

salam

-susi-

Kunjungi toko online kami di www.haifagallery.com




overhaul-mesin-jahitSebagai seorang penjahit atau orang yang hobi menjahit, merawat mesin jahit adalah sebuah keharusan.Seperti halnya mesin mobil atau motor, mesin jahit juga harus dirawat, kalau perlu dilakukan tune up berkala.
Berikut ini adalah sedikit tips dalam merawat mesin jahit supaya awet dan tidak cepat rusak :

1. Setelah selesai menjahit, segera bersihkan mesin dari sisa-sisa benang atau potongan kain.Untuk membersihkannya bisa menggunakan kuas kecil, kalau aku biasa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot sisa-sisa kain yang masuk kedalam sela-sela meja mesin jahit.Selain bermanfaat agar mesin tetap bersih, sisa-sisa potongan kain dan benang bisa menggangu kesehatan/pernapasan, khususnya bagi anak-anak loh.

2. Mesin jahit terdiri dari bagian-bagian yang sering bergerak dan saling bergesekan, untuk mencegah aus, berilah minyak khusus mesin jahit. Jangan gunakan sembarang minyak seperti minyak sayur sebab bisa menimbulkan karat dan kerusakan.Khusus untuk mesin jahit multifungsi, biasanya ada tombol/knop  yang bisa diputar-putar untuk memilih model jahitan, nah biasanya gigi-giginya perlu di olesi gemuk/vaseline supaya tidak cepat aus. Aku biasa meminyaki mesin jahit seminggu sekali.

3. Untuk komponen suku cadang biasanya jarang sekali rusak, tapi jika sudah saatnya diganti, segeralah di ganti/di servis.Misalnya pisau mesin obras yang sudah tumpul atau karet dinamo yang sudah getas/pecah-pecah dan mesin dinamo yang sudah lemah.Bila tidak cepat diganti, akan mempengaruhi kualitas jahitan mesin tsb, misalnya potongan obras yang tidak bagus.

4. Nah kalau mesin jahit sudah rusak dan kita tidak bisa memperbaikinya sendiri, segera bawa ke tukang servis,atau bisa juga menghubungi tukang servis panggilan.Tapi sama halnya dengan dokter, ternyata tukang servis mesin jahit itu cocok-cocokan juga loh.Tunggu postingan berikutnya untuk mengetahui tempat servis mesin yang biasa aku gunakan diseputaran Bintaro.




Untuk tips membeli mesin jahit, silakan klik disini.

  • https://t.co/EB5NuXimgt

  • https://t.co/jtxQfaJVv9

  • https://t.co/8Z0LXvjMRk

  • https://t.co/tZ7DbbSSpD

  • https://t.co/tw5KOj5xlF

  • https://t.co/1Q9SsFj8Qf

  • https://t.co/Lc4ha9ShsB

  • https://t.co/tZ9Tg0Eazl

  • kalau di Haifa, minimal bahan yang dibutuhkan untuk membuat gamis A-line adalah 2.5 m x 1.5 m, kenapa ?? klik... https://t.co/iyO1GuH0ea

  • https://t.co/M2o3NqpZaP https://t.co/rXJEMJtnAn

  • https://t.co/s5X6aGeOLV

  • sudah 8 tahun berlalu.... ini lah mesin jahit awal rjh menerima order jahitan ^_^ Yamazaki... sudah 8 tahun... https://t.co/4s5QO9oMoM

  • https://t.co/qqxLDL9BdX

  • https://t.co/Tzi6JGuESl

  • https://t.co/AqmkLpTxeU

  • https://t.co/Dl0GmXORua

  • https://t.co/RJQ3QkpT1a

  • https://t.co/aME1fJVt1o

  • https://t.co/AvXulqTYV8

  • Assalamualaikum kami informasikan bahwa Rumah Jahit Haifa tidak pernah membuka kursus jahit, jika ada informasi... https://t.co/0rLE7u0Kkl