Pertama, please pahami..kain batik yang asli (tulis,cap atau kombinasi tulis dan cap) dijual dalam bentuk lembaran, bukan meteran/gulungan/pis/bal-balan.

Penting saya infokan lagi, soale sekarang masih banyak brand busana muslim lain masih tidak tahu yang mana yang disebut kain batik beneran yang mana yang cuma kain bermotif batik alias batik printingan/ cetakan mesin, di deskripsi produk mereka sering ditulis dengan kain batik, atau kain etnik lain (ulos,songket,tenun dll) ditulis juga dengan kain batik….hellooo…

Balik lagi ke batik lembaran tadi,..selembar kain batik ada kalanya bisa jadi lengan panjang, tapi bisa juga hanya cukup untuk lengan pendek. Padahal secara teori ukuran kainnya sama…kenapa bisa begitu ?




Ternyata yang sangat mempengaruhi bisa atau tidaknya selembar kain batik tadi untuk kemeja lengan panjang adalah : motifnya.

Untuk motif batik tertentu, khususnya untuk pembuatan kemeja, motif harus diatur sedemikian rupa supaya posisi motif pas terutama dibagian depan (karena ada 2 sisi pola badan kanan dan badan kiri). Adakalanya motif tertentu sulit untuk disamakan, alhasil jadinya tidak bisa lengan panjang. Kecuali….. iya kecuali kalau kita tidak terllau peduli dengan posisi motif yang presisi/pas, alias jahit nekat,..ya bisa aja, pokoknya asal jadi kemeja lengan panjang pasti bisa ! Tapi, kami sarankan untuk tidak sepeti itu, selain hasilnya nanti jelek (sayang kain batik aslinya + biaya jahit di RJH kalau hasilnya 11-12 dengan kemeja motif batik grosiran dipasaran)
Untuk kemeja lengan panjang memerlukan selembar batik ukuran mulai dari 200 x 110 s.d 250 x 110 tergantung ukuran baju dan motif batiknya

Mau jahitin batik (aslinya) di RJH ? kontak saja ke WA 0855 994 6778, untuk atur jadwalnya ya :)… ditunggu…

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply