all-sizePakaian muslimah sepeti gamis, tunik, itu tidak boleh ngetat & tidak ngepress badan. Selayaknya… ukuran baju yang dipakai itu dilebihkan dari ukuran badan yang sebenarnya, dalam hal ini adalah bagian tertentu terutama lingkar dada / badan, lingkar pinggang, lingkar pinggul.

Selain karena lebih “patut” dilihatnya, juga supaya kita nyaman ketika memakainya, baju yang terlalu ngepress biasanya membuat tidak nyaman ketika dipakai, pun sebaliknya, terlalu longgar / kedodoran juga jadi tidak nyaman.

Itulah sebabnya mengapa di Haifa Gallery (produk dari Rumah Jahit Haifa) dalam membuat baju baik gamis maupun tunik /  blouse tidak dibuat All size. Padahal, kalau mau cari gampangnya, bisa saja kami membuat / menjual produk gamis atau blouse Allsize, lebih praktis, baik dalam hal produksi maupun penjualannya. Contoh dalam hal produksi, sekali potong semua size sama, nggak repot, nggak ribed bikin pola satu satu potong juga per size. Dalam sisi penjualan juga demikian, tidak ada resiko ada size tersisa, pokoknya terjual sama size semua,..




Tapi tidak seperti itu, kami melihat kepentingan bukan hanya dari sisi produsen / penjual saja. Kami melihat terutama dari sisi pembeli atau pemakai.

Customer / pembeli sangat beragam ukuran badannya, mulai dari yang berbadan kecil (langsing) tapi tinggi, adapun yang big size tapi tidak terlalu tinggi, dan seterusnya. Selain membuat / menyediakan baju baik gamis maupun blouse dengan ukuran atau size, bahkan kami juga menyediakan layanan order custom size *khusus produk tertentu yang masih tersedia bahannya.

Dilihat dari ukuran yang terdapat dalam sebuah baju baik itu gamis maupun blouse, ada beberapa hal utama yang diukur, lingkar badan / ligkar dada, lingkar pinggang / lingkar pinggul, lebar bahu / pudak, panjang legan, panjang baju (*untuk order custom size ukuran lebih detail termasuk lingkar kerung lengan, pangkal lengan, dst). Apabila sebuah baju gamis dibuat dengan ukuran all size, misal LD 100 cm, panjang 140cm, lalu gampangnya pinggang dijahit karet atau diberi tali pinggang untuk ngepasin ukuran. Tapi tidak sesederhana itu. Karena ukuran baju bukan hanya terletak di bagian pinggang saja, ada bahu / pundak, lengan, dll… Dengan diberi karet bisa saja pinggang jadi ngepas, tapi bagaimana dengan bagan lain? Jadi bukan karena ngepas atau tidaknya, tapi apakah nyaman atau tidaknya. Iya kalau kebetulan pembeli tsb dengan ukuran atau LD yang tidak jauh dari LD 100 cm tsb, mungkin fine saja. Tapi untuk yang LD 90? atau bahkan 85? memakai baju all size jadi kedodoran dong ^^ atau mungkin yang diatas 100 misal 105? yg LD 105 tidak bisa order dong..

customOleh karena itu, sampai saat ini di Haifa Gallery untuk produk baju (gamis, blouse, tunik) itu memakai size / ukuran, dan juga tambahannya bisa order custom size. Tapi bukan berarti dengan adanya size atau ukuran menjadikan memakai baju muslim / gamis / blouse / tunik harus ngepas / press badan, bukan seperti itu.

Di Haifa Gallery size chart yang tersedia adalah ukuran dalam bentuk baju jadi. Jadi, angka tersebut bukan menunjukkan ukuran badan yang akan memakainya. Contoh : apabila size S LD 90cm, maka calon pemakainya harus berukuran LD kurang dari 90 cm, umumnya yang berukuran LD 85cm. Atau ukuran L LD baju 100cm, maka yang memakainya bukan badan yang berukuran 100cm, tapi idealnya dengan LD 95cm.

Saat ini selain produk gamis atau tunik, Haifa Gallery menyediakan juga produk bawahan seperti kulot ataupun rok. Untuk produk kulot dan rok, kami menyediakannya dalam ukuran all size, dengan pertimbangan bahwa produk kategori ini ukuran yang dipakai tidak sekompleks ukuran gamis atau tunik. Kulot dan rok masih memungkinkan untuk dibuat allsize, itupun… tetap dengan layanan alter untuk potong panjang rok atau kulot. Dan untuk model selain rok, kami hanya menyediakan kulot all size, bukan celana biasa (celana model ngepas pada umumnya). Karena kalau model celana biasa, itupun tidak bisa dibuat ukuran all size karena ukurannya cenderung pas lain dengan kulot yang memang modelnya longgar.

Satu hal lagi, hanya sebagai tambahan saja, di Haifa Gallery ukuran panjang gamis baik dari size S sampai ke XXL dibuat sama panjang. Tidak seperti banyak  brand yang memasang size chart mulai dari yang kecil sampai yang besar dengan panjang gamis makin besar size maka makin panjang gamisnya, misal contoh size S panjang 125, M 130, L 135, XL 140, dst. Mengapa demikian? Di Haifa Gallery mempertimbangkan bisa jadi calon pemakai gamis tsb berbadan ramping tapi tinggi. Masa iya harus membeli size XL hanya karena supaya panjang gamisnya cukup? Panjang cukup tapi jadi kedodoran karena ukurannya seharusnya memakai size S. Lalu bagaimana jika diset sama panjang nanti ada pembeli yang gamisnya kepanjangan? Tenang saja, di Haifa Gallery ada layanan free alter potong panjang gamis ya…bukan promosi 🙂 Tapi, khusus pembelian baju gamis di Haifa Gallery saja ya :).

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

  • https://t.co/6zRGzAyKu4

  • https://t.co/U8SwUmjTgi

  • Segenap kru Rumah Jahit Haifa, Haifa Gallery dan Inayalooks mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H... https://t.co/djVIbQTmMX

  • https://t.co/bPPq1aJWTH

  • dimasa kini, kancing tersedia dalam banyak ukuran dan bentuk serta terbuat dari banyak pilihan material...tapi... https://t.co/x37QiL8hos

  • https://t.co/9HL71yEM26 https://t.co/ZXM2huSTKn

  • https://t.co/sG5tV0O0X2

  • https://t.co/bTAvrezdqz

  • https://t.co/sXap4dkpxP

  • https://t.co/eS003feaDg

  • https://t.co/EB5NuXimgt

  • https://t.co/jtxQfaJVv9

  • https://t.co/8Z0LXvjMRk

  • https://t.co/tZ7DbbSSpD

  • https://t.co/tw5KOj5xlF

  • https://t.co/1Q9SsFj8Qf

  • https://t.co/Lc4ha9ShsB

  • https://t.co/tZ9Tg0Eazl

  • kalau di Haifa, minimal bahan yang dibutuhkan untuk membuat gamis A-line adalah 2.5 m x 1.5 m, kenapa ?? klik... https://t.co/iyO1GuH0ea

  • https://t.co/M2o3NqpZaP https://t.co/rXJEMJtnAn