sarimbit ibu sita sarimbit-ibu-marselinaIstilah atau kata sarimbit sudah sering kita dengar. Sarimbit sering juga disebut dengan nama “seragam keluarga”, “baju / seragam mama-papa”, “baju pasangan” atau “baju couple”.

Dulu, sarimbit sangat identik dengan baju batik, namun saat ini tidak sedikit yang memakai baju sarimbit dari bahan non batik, bisa jadi dari bahan polos, bahan motif atau kombinasi motif dan polos .

Di antara beberapa definisi atau pengertian dari sarimbit, berikut ini beberapa contoh gambar dari sarimbit.

Gambar 1, sarimbit atau  baju keluarga warna merah yang terdiri dari kebaya Ibu, kemeja Ayah dan kemeja 2 orang Anak laki – laki. Sarimbit atau baju keluarga pada gambar 1 ini dibuat dari bahan dengan nuansa warna yang sama atau serupa (karena antara bahan kebaya dan bahan kemeja warna agak sedikit berbeda) dan dibuat dari 2 jenis bahan yang berbeda. Kebaya Ibu dibuat dari jenis bahan seperti thaisilk atau sejenisnya, sedangkan kemeja Ayah dan Anak dibuat dari bahan katun.



Gambar 2, sarimbit atau baju keluarga dengan nuansa warna gold yang dibuat dari bahan sejenis batik sutera. Baik kemeja Ayah, gamis Ibu dan dress Anak sama sama dibuat dari jenis bahan batik sutera yang dengan nuansa warna yang sama yaitu warna gold, namun dengan motif yang berbeda di antara ketiga baju tersebut.

sarimbit ibu sita 1Gambar 3, sarimbit yang terdiri dari kemeja dan gamis dengan bahan batik yang sama, dan tambahan kombinasi bahan polos pada gamis. Sarimbit pada gambar 3 ini adalah sarimbit yang sering dijumpai (atau sering di-order jahit) oleh pelanggan RJH. Baik bahan batik pada kemeja ataupun pada gamis adalah dengan bahan batik yang sama motif dan sama warna. Inilah yang seringkali didefinisikan sebagai “sarimbit”.

Gambar 4 dan gambar 5, sarimbit atau baju keluarga yang terdiri dari baju Ayah, baju Ibu, baju Anak perempuan dan Anak laki – laki. sarimbit pada gambar 4 dan gambar 5 ini merupakan sarimbit atau baju keluarga yang dibuat dari bahan yang berbeda antara baju Ayah, Ibu, Anak perempuan dan Anak laki – laki. Walaupun dibuat dari bahan yang sarimbit Ibu Ria 2berbeda, kita tetap bisa melihat kekompakkan dan keserasian satu sama lain. Dari sisi warna, kendatipun ada perbedaan warna, namun masih terlihat serasi, match satu sama lain. Pada gambar 4, baju Ibu dibuat dari bahan sejenis bahan satin atau silk dengan motif nuansa Ungu. Stelan Anak perempuan (usia remaja) terdiri dari rok bahan batik encim dan atasan bahan sejenis thaisilk dengan warna yang sedikit lebih tua dari baju Ibu. Dress balita bisa dibuat dari bahan batik encim yang sama motif dengan rok pada stelan si Kakak. Untuk kemeja Ayah dan anak laki – laki bisa dibuat dari bahan dasar polos yang sama, dan bisa diberi kombinasi motif dengan model atau pecah pola yang berbeda.

sarimbit ibu ria 1Demikian juga pada gambar 5, walaupun dibuat dari bahan yang berbeda antara baju Ibu, Ayah, Anak laki – laki dan Anak perempuan, tetap terlihat serasi kombinasi warna diantara baju baju tersebut. Warna yang berbeda tapi serasi ini bisa kita sebut sebagai sarimbit mix and match. Dan walaupun dibuat dari jenis bahan yang berbeda dan warna yang berbeda, baju – baju tersebut tetap bisa kita sebut dengan istilah sarimbit atau seragam keluarga.

Nah, diantara sarimbit – sarimbit yang sudah diceritakan di atas, sejak setahun kebelakang produk sarimbit Haifa Gallery sudah mulai dibuat dengan tema sarimbit seperti tema pada gambar 4 dan gambar 5, yaitu sarimbit atau baju keluarga dengan tema mix and match. Seperti halnya untuk menyambut Idul Fitri tahun lalu, tahun ini Haifa Gallery mengeluarkan produk seragam keluarga yang dibuat dengan kombinasi bahan yang berbeda antara bahan baju perempuan (baju Ibu) dan baju laki – laki (baju Ayah). Tentunya dengan tidak melupakan unsur keserasian di antara keduanya, walaupun beda bahan, beda warna, beda motif, baju keluarga harus tetap serasi kan :).

Jadi, apa definisi sarimbit menurut Anda? Sarimbit seperti apa yang akan Anda buat untuk keluarga Anda? Pilihan tetap ada di tangan Anda. Selamat memakai sarimbit :).



Tags: , , , ,

4 comments

  1. putri

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply

  • https://t.co/Un5j1cXb4W

  • Gamis batik Haifa https://t.co/Jm3AiUZo2o

  • linenlook – bahan baru untuk gamis haifa https://t.co/9OvLgxCMJH

  • 2.5 m x 1.5 m adalah minimal ukuran kain untuk gamis Haifa https://t.co/nHHNgklBRM

  • haifa gallery Vs inayalooks, apa bedanya ?? https://t.co/C4y8FRP6jE

  • Gamis Haifa, Real Clothes for Real Women https://t.co/arIo8XX3MM

  • Kain Toyobo atau kain Foyobo ? beda atau sama sih https://t.co/Cm7BXgDkfQ

  • https://t.co/LYWAYCOGtk

  • janome SUV1122,...alhamdullilah masih sehat, masih bisa "menghasilkan " :) ... https://t.co/MUmNiF74Jb

  • Artikel terbaru di blog RJH, menjawab pertanyaan cara meningkatkan kualitas jahitan, bisa dibaca disini ya :... https://t.co/2aKT13d0fB

  • https://t.co/6zRGzAyKu4

  • https://t.co/U8SwUmjTgi

  • Segenap kru Rumah Jahit Haifa, Haifa Gallery dan Inayalooks mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H... https://t.co/djVIbQTmMX

  • https://t.co/bPPq1aJWTH

  • dimasa kini, kancing tersedia dalam banyak ukuran dan bentuk serta terbuat dari banyak pilihan material...tapi... https://t.co/x37QiL8hos

  • https://t.co/9HL71yEM26 https://t.co/ZXM2huSTKn

  • https://t.co/sG5tV0O0X2

  • https://t.co/bTAvrezdqz

  • https://t.co/sXap4dkpxP

  • https://t.co/eS003feaDg