Umumnya di nota atau bon para penjahit dibagian bawahnya pasti ada keterangan seperti ini (kira-kira kurang lebihnya sama) :”Bila barang ini tidak diambil dalam waktu 2 bulan bon ini tidak berlaku dan bila pembayaran belum lunas, barang tidak bisa diambil”. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

contoh-nota-tailor-penjahitUntuk batas waktu, masing-masing penjahit bisa berbeda satu dengan lainnya, tapi biasanya antara 1 s.d 3 bulan saja.

Nah, kalau di RJH sendiri gimana ?? selama ini sih kami tidak ada persyaratan seperti itu di nota/bon untuk customer jahitan, karena selama ini positif thinking saja, ya apa iya ada yang tidak ngambil baju jahitannya ??

Kenyataannya sendiri gimana di RJH ? Rupanya ada-tidak banyak-tapi ada ! Bukan 1-2 atau 6 bulan,… yang lebih dari 2 tahun pun masih ada disini ! Dari yang sudah hilang kontak maupun yang masih kontak-kontakan, tapi ya nggak tau, kenapa tidak segera dilunasi ya ?? *masih berusaha untuk positif thinking..

Memang baju itu tidak seperti makanan, yang bisa basi seiring berjalannya waktu, cuma masalahnya, baju/bahan customer yang terlalu lama disimpan bisa juga rusak kainnya atau lapuk/lembap karena terlalu lama disimpan (apalagi dalam kemasan plastik misalnya). Belum lagi resiko baju itu bisa hilang atau terselip selip karena sudah (sangat) terlalu lama menginap di RJH, tertumpuk dengan perca/sisa jahitan, bahan jahitan milik orang lain, bahan produksi Haifa atau kejadian yang tidak kami harapkan lainnya 🙁

Selain hal-hal diatas, yang paling berat bagi kami adalah “beban” yang terus kami tanggung, beban di perasaan yang membuat tidak tenang alias galau 🙂 … kalau hilang gimana, kalau rusak gimana…. dan satu hal lagi nih (saya share dari sudut pandang pebisnis) yaitu cashflow yang terganggu !

Sebagai pelaku usaha kecil (bahkan usaha besar), kita pasti tahu pentingnya cashflow, ibarat darah yang mengalir yang membuat kita terus hidup. Nah jika aliran kas itu terganggu sudah pasti operasional bisnis juga ikut terganggu. Yang harusnya sisa pembayaran jahitan itu bisa kita gunakan/putar lagi, jadi terhambat (bayangkan kalau banyak yang seperti itu !). Biaya produksi (upah tukang potong, tukang jahit, finishing, belanja material, listrik dll) harus kita bayar, kan nggak mungkin akan dibayarkan nanti kalau sudah ada pelunasan dari customer ! Padahal waktu yang sudah kami keluarkan untuk mengerjakan orderan tersebut bisa digunakan untuk customer RJH lainnya yang memang butuh dan perlu serta bertanggung-jawab.

Kalau ditelisik lagi, bisa jadi order jahitan yang tidak kunjung dilunasi itu karena tidak ada pembayaran DP sebelumnya atau DPnya terlalu kecil, sehingga ketika baju jahitan tsb sudah selesai, tidak ada rasa “rugi” jika tidak segera dilunasi. Untuk masalah DP ini insyaAllah akan saya tulis di artikel yang berbeda.

Kenyataannya adalah meskipun untuk order jahitan di RJH sudah membayar DP 50% masih ada yang tidak dilunasi seperti yang sudah saya ceritakan diatas tadi. Oleh karena itu, akhirnya saya putuskan waktu 6 bulan adalah waktu maksimal untuk melunasi order jahitan di RJH, diatas 6 bulan maka RJH tidak bertanggung jawab terhadap baju tersebut. Harap dimaklumi jika kami terpaksa membuat aturan ini (sebenarnya aturan ini adalah hal yang lumrah dan biasa)…

Toleransi waktu yang kami berikan sudah cukup rasanya, waktu diatas 2 tahun itu sepertinya tidak masuk akal kecuali ada hal-hal khusus (misal : pindah negara, meninggal dunia atau amnesia) tapi kalau masih bisa dikontak tapi tidak juga ada niat untuk melunasi ?

Untuk baju-baju jahitan yang sudah bertahun-tahun masih ada di WS kami, akan kami infokan kembali ke pemiliknya untuk segera dilunasi dengan batas waktu maksimum 1 bulan sejak informasi tagihan kami kirimkan, jika dalam waktu 1 bulan tersebut tidak ada pelunasan maka seperti beberapa tahun yang lalu, baju-baju tersebut akan kami sumbangkan untuk mereka yang memerlukannya, daripada mubazir disini.

Tags: , , ,

3 comments

  1. Nola

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply

  • https://t.co/bPPq1aJWTH

  • dimasa kini, kancing tersedia dalam banyak ukuran dan bentuk serta terbuat dari banyak pilihan material...tapi... https://t.co/x37QiL8hos

  • https://t.co/9HL71yEM26 https://t.co/ZXM2huSTKn

  • https://t.co/sG5tV0O0X2

  • https://t.co/bTAvrezdqz

  • https://t.co/sXap4dkpxP

  • https://t.co/eS003feaDg

  • https://t.co/EB5NuXimgt

  • https://t.co/jtxQfaJVv9

  • https://t.co/8Z0LXvjMRk

  • https://t.co/tZ7DbbSSpD

  • https://t.co/tw5KOj5xlF

  • https://t.co/1Q9SsFj8Qf

  • https://t.co/Lc4ha9ShsB

  • https://t.co/tZ9Tg0Eazl

  • kalau di Haifa, minimal bahan yang dibutuhkan untuk membuat gamis A-line adalah 2.5 m x 1.5 m, kenapa ?? klik... https://t.co/iyO1GuH0ea

  • https://t.co/M2o3NqpZaP https://t.co/rXJEMJtnAn

  • https://t.co/s5X6aGeOLV

  • sudah 8 tahun berlalu.... ini lah mesin jahit awal rjh menerima order jahitan ^_^ Yamazaki... sudah 8 tahun... https://t.co/4s5QO9oMoM

  • https://t.co/qqxLDL9BdX