Beberapa waktu lalu, ada satu pertanyaan yang sampai saat ini masih saya ingat, yaitu apakah baju-baju haifa ini wudhu friendly ?? Pertanyaan ini terus melekat di benak saya, justru karena pertanyaan balik yang mucul di benak saya : “Memang ada baju (muslim) yang tidak wudhu friendly ??

Untuk pertanyaan yang diajukan ke saya diawal tadi, maka jawabannya adalah “Iya !”, baju-baju haifa insyaAllah wudhu friendly :), tidak menyulitkan ketika kita akan wudhu.

Justru pertanyaan kedua (yang muncul di benak saya) yang akan saya cari jawabannya, adakah merk baju muslim/muslimah yang nyatanya tidak wudhu friendly ? sehingga muncul pertanyaan seperti ini ???

Ada !!! Ternyata memang ada loh, saya temukan (beli) sendiri, tidak perlu disebutkan merknya ya, yang pasti baju ini adalah salah satu top brand busama muslim di Indonesia :).

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan wudhu friendly itu ? kita sepakati dulu saja ya, yang dimaksud dengan wudhu friendly itu adalah baju yang memungkinan kita membasuh lengan sewaktu wudhu hingga batas siku dengan mudah. Jadi sebuah baju kita sebut tidak wudhu friendy itu jika berlaku sebaliknya, susah dibuka/dilipat untuk berwudhu hinggan sebatas siku.

Biar lebih jelas, bisa dilihat pada photo-photo dibawah ini.

lengan-ban-panjangPhoto disamping adalah contoh baju yang saya beli, yang tidak wudhu friendly menurut saya. Model tangan pada baju ini menggunakan ban panjang sekitar +/- 11cm. Terdapat kancing pada ban tangan tersebut, kancing tsb memang bisa dibuka, lalu kalau ban ada kancing dan kancing tsb bisa dibuka, kenapa tidak wudhu friendly?

Karena model bannya yang hanya bisa dibuka sebatas panjang ban tangannya saja (11 cm), tidak lebih !




Gambar posisi (lebar) ban tangan yang hanya pas seukuran pergelangan tangan ditunjukkan oleh poto dibawah ini.

lengan-ban-panjang-1Photo dibawah menunjukkan batas bukaan ban tangannya, yaitu sebatas panjang ban saja (11 cm), karena setelah jahitan sambungan ban tangan, tidak terdapat  belahan lagi, sehingga tidak bisa dilipat/diangkat lebih atas lagi (tidak mencapai batas siku lengan), semua kancing sudah dibuka ya.

lengan-ban-panjang-2Sekarang saya beralih ke lengan baju Haifa. Baju-baju Haifa baik itu tunik, blus, maupun gamis kami buat  Insya Allah wudhu friendly semua 🙂

ujung-lengan-busana-haifa-1Mulai dari model lengan pipa (semi pensil) loss tanpa ban dengan lingkar ujung lengan +-22cm dengan barisan 3 kancing pada ujungnya yang bisa dibuka. Model ujung lengan ini terlihat mengecil, namun ukurannya tidak ngepas pergelangan lengan, jadi masih ada jeda lingkar beberapa centi dari ukuran pergelangan lengan. Selain itu, model lengan ini loss ban, sehingga tidak ada perbatasan jahitan dekat pergelangan lengan, oleh karena itu barisan 3 kancing itu apabila dibuka bisa ditarik ke atas/dilipat ke atas sampai siku pada saat hendak berwudhu.

lengan-busana-haifa-1Selain model lengan pipa (semi pensil) tadi, baju Haifa juga ada yang menggunakan model lengan dengan ban, mirip dengan model lengan yang saya beli dari top brand nya baju muslim di Indonesia yang saya ceritakan pertama tadi (yang tidak wudhu friendly).

Tapi bedanya, pada lengan baju haifa ini, di atas batas jahitan ban lengan ada belahan juga, sehingga bagian yang bisa dibuka bukan hanya pas bagian ban lengan saja, tapi ke bagian setelah ban lengan terbuka juga.

Bisa dilihat pada photo selanjutnya, lengan masih bisa dilipat/diangkat hingga mencapai bagian siku.

lengan-busana-haifa-2Oleh karena setelah jahitan batas ban lengan ada bukaan, maka ketika ditarik ketas/ dilipat untuk wudhu, posisinya bisa sampai ke siku lengan (tidak mati di posisi ban lengan).

Mudah-mudahan jelas ya tulisan saya di artikel ini 🙂

Jadi…….., baik yang mau membeli atau menjahit baju sendiri, jika kemudahan untuk berwudhu ini menjadi concern utama, pastikan kalau model lengan ban yang ngepas pergelangan tangan harus ada belahan lagi ya, atau ukuran ujung lengan jangan dibuat ngepas ! tapi lebihkan !

Tags: , , ,

3 comments

  1. niken

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply

  • Artikel terbaru di blog RJH, menjawab pertanyaan cara meningkatkan kualitas jahitan, bisa dibaca disini ya :... https://t.co/2aKT13d0fB

  • https://t.co/6zRGzAyKu4

  • https://t.co/U8SwUmjTgi

  • Segenap kru Rumah Jahit Haifa, Haifa Gallery dan Inayalooks mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H... https://t.co/djVIbQTmMX

  • https://t.co/bPPq1aJWTH

  • dimasa kini, kancing tersedia dalam banyak ukuran dan bentuk serta terbuat dari banyak pilihan material...tapi... https://t.co/x37QiL8hos

  • https://t.co/9HL71yEM26 https://t.co/ZXM2huSTKn

  • https://t.co/sG5tV0O0X2

  • https://t.co/bTAvrezdqz

  • https://t.co/sXap4dkpxP

  • https://t.co/eS003feaDg

  • https://t.co/EB5NuXimgt

  • https://t.co/jtxQfaJVv9

  • https://t.co/8Z0LXvjMRk

  • https://t.co/tZ7DbbSSpD

  • https://t.co/tw5KOj5xlF

  • https://t.co/1Q9SsFj8Qf

  • https://t.co/Lc4ha9ShsB

  • https://t.co/tZ9Tg0Eazl

  • kalau di Haifa, minimal bahan yang dibutuhkan untuk membuat gamis A-line adalah 2.5 m x 1.5 m, kenapa ?? klik... https://t.co/iyO1GuH0ea