Photo dibawah ini adalah kondisi ruang jahit awal rumah jahit haifa (tahun 2007), tepatnya saat masih menggunakan kamar belakang rumah kami.

workshop-RJH-the-beginningBagi ibu-ibu semua yang sudah pernah mampir berkunjung ke Workshop Rumah Jahit Haifa, kalau masih ingat, photo diatas itu adalah ruangan cutting saat ini.

Itulah 3 mesin pertama yang saya punya, mesin jahit singer model genjot seken yang saya beli dari guru menjahit saya, mesin obras kecil seken yang saya beli dari warga di pondok aren sewaktu saya masih ngontrak dulu dan satu mesin jahit portable Yamazaki.

Semua masih saya kerjakan sendiri, rumahjahithaifa.com baru sekedar konsep (baru kami realisasikan tahun 2008 dengan menyewa domain rumahjahithaifa.com ini). Bukan sist…saya bukan orang kaya yang langsung memulai RJH langsung dengan modal besar, tinggal beli mesin yang lengkap dan bagus, langsung ambil pegawai yang pintar, sewa tempat yang bagus dll….saya membeli mesin seken diatas mencicil, satu-persatu dari sisa uang gaji suami saya (om admin)…

Photo dibawah ini adalah lokasi ruang workshop RJH saat ini yang pada tahun 2007 masih berupa tanah kosong dibagian belakang rumah kami.

halaman-belakang-sebelum-dibangun-workshop-baruTerlihat photo rumah di cluster Adena yang masih kosong, belum ada penghuninya.

Kisah di RJH adalah kisah perjuangan, kisah pengorbanan dan kerja keras, dengan mencoba untuk terus bersabar dan terus mengharapkan keberkahan-Nya.

Kedua photo baju dibawah ini adalah order jahitan awal-awal dulu, salah satu dari customer pertama dan tercinta kami (Alm) Ibu Dina. Order jahitan yang sangat membekas dihati saya pribadi, karena selain ada kisah sedih karena ditinggal almarhum, saya sendirilahΒ yang menjahit baju-baju tersebut, bukan hanya di rumah saya, tapi baju ini saya jahit juga di Cimahi dan Bandung. Jadi ceritanya, pada saat saya menerima order jahitan ini, suami saya kebetulan mendapatkan tugas ke Bandung dan anak-anak sekalian ingin ikut ke Bandung menemui Eyangnya di Cimahi, maka saya bawalah bahan baju ini dan mesin jahit portable Yamazaki saya pun begitu ketika anka-anak tau kalau suami saya mendapatkan jatah menginap di hotel deket BIP, anak-anak ingin sekali merasakan tinggal dihotel, maka baju dan mesin ini pun saya bawa ke hotel, karena memang target waktu yang mepet dan harus selesai ketika kembali lagi nanti ke rumah di Serpong Utara.

seragam kebaya d

setelan blazer ibu dina big

Photo-photo baju ini, diambil menggunakan kamera poket biasa, tanpa ada setting ruangan-background, editing, lighting dll dll … intinya kami ambil photo hasil jahitan kami itu dengan alat yang kami punya dan dengan kemampuan yang baru kami miliki.

Tidak ada alasan bagi kami karena tidak memiliki modal untuk membeli kamera yang bagus dan kemampuan mengolah photo yang bagus, maka kami memakai photo hasil jahitan orang lain yang lebih bagus gambarnya, kemudian menguploadnya di halaman situs kami.

Order jahitan customer kami ambil untuk kebutuhan promosi, portofolio dan dokumentasi kami nanti, jika website rumahjahithaifa.com sudah On.

Dan kisah perjalanan RJH itu pun mengalir hingga saat ini, Alhamdullilah…puji syukur kami panjatkan atas rahmat dan nikmat yang telah Allah berikan kepada kami, hingga RJH bisa terus berjalan hingga saat ini dan dipertemukan dengan customer-customer yang baik-baik, ibu-ibu hebat dan luar biasa, yang setia mendukung langkah kami dan kini menjadi teman-teman kami.

Di website rumahjahithaifa.com anda bisa melihat photo-photo baju hasil jahitan customer kami, Asli ! hasil jahitan RJH, bukan photo-photo hasil jahitan atau produk orang lain yang kami pajang di website tersebut. Di website kami ini, saya juga banyak menulis artikel soal dunia jahit-menjahit yang saya tau, bersifat sharing bukan menggurui, karena saya bukan ahlinya, justru saya ingin banyak bertanya dan meminta pendapat yang lain. Selain itu salah satu tujuan kami, adalah agar rumahjahithaifa semakin dikenal, jelas terlihat dan dipercaya oleh anda semua. Saya ingin Rumah Jahit Haifa tidak terlihat seperti photo dibawah ini :

focusTidak jelas siapa anda,,,,photo yang dipajang di situs anda photo-photo karya orang lain, alamat workshop anda tidak ditulis jelas, dll dll yang intinya seperti photo diatas, customer tidak mengenal siapa anda,kecuali teman-teman anda sendiri.

Itu yang kami coba hindari. Anda bisa lihat sendiri di situs kami www.rumahjahithaifa.com, kami buka semuanya, siapa saya, dimana alamat saya, siapa saja krew saya, photo-photo baju hasil kjahitan RJH (bukan hasil photo baju penjahit lain) yang dipajang disitu.

Semua photo baju yang kami upload bisa anda gunakan sebagai inspirasi atau referensi model dan desainnya meskipun anda tidak meminta ijin kepada kami, karena kami berpendapat setiap photo yang di upload di internet berarti siap untuk di save as orang lain, tapi ya tolong dong dipakai etikanya, kalau ada yang order jahit seperti model itu, kalau sudah jadi ya di photo sendiri terus upload di situs anda, jangan menggunakan photo rumahjahithaifa dong.

Jadi..marilah berbisnis dengan etika…, mulai dari apa yang kita bisa dulu, dari yang kita mampu dulu….

Tags: ,

20 comments

  1. lindaha1980
    • lindaha1980
  2. yeni
    • lindaha1980
        • lindaha1980
  3. nitha
  4. ahmad thabrani
  5. Michi
      • Michi
  6. alfi

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply

  • https://t.co/eS003feaDg

  • https://t.co/EB5NuXimgt

  • https://t.co/jtxQfaJVv9

  • https://t.co/8Z0LXvjMRk

  • https://t.co/tZ7DbbSSpD

  • https://t.co/tw5KOj5xlF

  • https://t.co/1Q9SsFj8Qf

  • https://t.co/Lc4ha9ShsB

  • https://t.co/tZ9Tg0Eazl

  • kalau di Haifa, minimal bahan yang dibutuhkan untuk membuat gamis A-line adalah 2.5 m x 1.5 m, kenapa ?? klik... https://t.co/iyO1GuH0ea

  • https://t.co/M2o3NqpZaP https://t.co/rXJEMJtnAn

  • https://t.co/s5X6aGeOLV

  • sudah 8 tahun berlalu.... ini lah mesin jahit awal rjh menerima order jahitan ^_^ Yamazaki... sudah 8 tahun... https://t.co/4s5QO9oMoM

  • https://t.co/qqxLDL9BdX

  • https://t.co/Tzi6JGuESl

  • https://t.co/AqmkLpTxeU

  • https://t.co/Dl0GmXORua

  • https://t.co/RJQ3QkpT1a

  • https://t.co/aME1fJVt1o

  • https://t.co/AvXulqTYV8