produk baju haifa Seperti pada gambar ini, sudah saya prediksi pasti akan ada yang bertanya, kok tunik lebih mahal daripada long dress ?

Ada beberapa faktor yang menentukan harga jual produk busana muslim Haifa, seperti material/fabrics, model baju (tingkat kesulitan proses produksi), quantity bahan yang digunakan dsb (mungkin termasuk sisi eksklusif busana tersebut) – ingat di RJH produk tidak dibuat massal layaknya produk grosir/konveksi.

Oke, langsung aja kita ambil contoh seperti pada gambar tadi, yaitu Tunik Haifa HTK112 dan long dress Haifa HGM230.

Mengapa Tunik ini harganya lebih mahal ? berikut ini beberapa faktor yang menentukan :

1. Bahan/fabrics yang digunakan pada Tunik ini adalah sifone Crep sedangkan long dress menggunakan katun rayon. Harga per m bahan Crep itu 2 kali lebih mahal daripada katun rayon, anda bisa cek harganya di toko bahan (toko bahan rekomendasi saya di pasar Mayestik adalah toko Fancy, karena harganya lebih murah dibandingkan dengan toko lainnya)

2. Bahan yang digunakan untuk Tunik HTK112 ini lebih banyak daripada bahan long dress HGM230, jadi bahan untuk Tunik ini banyaknya sama untuk membuat gamis berlengan (bukan long dress tanpa lengan), kok bisa ? karena dibagian depan ada aksen draperi dimana untuk membuat aksen draperi itu dibutuhkan bahan yang jumlahnya sama dengan satu pola badan bagian depan + bahan untuk pola badan belakang + pola utama badan depan + bahan untuk lengan (belum termasuk bahan vuring).

tunik haifa

3. Tunik ini dilapisi vuring menggunakan bahan double hicon. Pada baju yang menggunakan vuring tentu biaya jahitnya juga lebih daripada baju tanpa vuring ( tentu
saja ada cost untuk vuring itu sendiri kan). Kenapa baju bervuring ongkos jahitnya lebih mahal ? karena proses pola -> potong -> jahit akan bertambah + rumit, layaknya menjahit dua buah baju.

tunik haifa bervuring

4. Untuk membandingkan, proses pembuatan Tunik ini 3 berbanding 1 dengan proses pembuatan long dress, belum termasuk proses pemasangan aplikasi dan payetnya ( perbandinga akhir bisa 5:1).

5. Payet yang digunakan adalah payet jepang, bukan payet taiwan atau semi (long dress tidak ada aksen atau aplikasi).

6. Yang paling penting adalah, semua produk Haifa diproduksi inhouse di Rumah Jahit Haifa dengan standar kualitas jahitan butik (jahit halus), eksklusif tidak dibuat massal.

Okay, diatas tadi baru faktor disisi kami, lalu apa untungnya buat customer kami yang membeli Tunik HTK112 ini ?

Selain kami menawarkan produk yang berkualitas yang nyaman dipakai, indah dilihat,  kami memberikan garansi jahitan + custom size atau request ^_^ …. so, kami bukan semata hanya penjual baju ^_^, bahan sifone crep memiliki kelebihan di banding bahan sifone lainnya, antara lain : bahan lebih tebal namun jatuh dan halus, tidak transparan seperti sifone lainnya, lebih kuat (tidak ringkih).

Dengan Tunik yang dilapisi vuring ini, ketika digunakan jatuhnya akan lebih bagus, karena tidak “nyeplak” dan tidak “nempel” di badan, terutama pada bagian dada.

Dan satu lagi ! panjang Tunik ini kami set di 90 cm (posisi selutut rata-rata), bagian “selangkangan” tertutup ^_^.

———

Mudah-mudahan artikel ini bisa menjawab pertanyaan diatas tadi ^_^. Kalaupun masih ada yang bertanya-tanya kok produk Haifa mahal yang dibandingkan dengan produk grosir ya ?Mungkin analogi ini bisa menjawab : Kenapa Toyota Innova lebih mahal dari Suzuki Carry ? sama-sama bisa muat banyak kok beda harganya ? oh ternyata fiturnya beda, kualitas materialnya beda dll dll. Menjadi masalah kalau Suzuki Carry dijual dengan harga Toyota Innova, atau membeli mobil seharga Toyota Innova tapi kualitas yang didapat sekelas Suzuki Carry. Saya setuju kalau Toyota Vellfire dibilang mobil mewah (*meskipun bagi sebagian orang tidak setuju ya – dan memang alangkah tidak bijaknya kalau ada yang bisa memiliki Toyota Vellfire lalu kita memvonis orang tersebut bermewah-mewah). Silahkan protes kalau ada yang menjual Suzuki Carry seharga Toyota Innova, tapi bagaimana jika ada yang menjual Toyota Innova seharga Toyota Avanza ? boleh beli dong ^_^

Saya kutip satu pernyataan dari CEO Shafira :”Dalam sebuah perusahaan apa pun, SDM harus diyakini sebagai faktor penting. Saya berani membayar mahal para pekerja di Shafira. Istilahnya di atas harga pasar. Saya berkeyakinan, jika membayar dengan kacang pasti dapatnya monyet. Jadi, saya tidak mau membayar SDM seadanya.”

Setuju ^_^…InsyaAllah kamipun begitu…


Tags: , ,

6 comments

  1. naning budianto
  2. DARYANI

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply

  • Ada yang suka dapat "jatah" bahan seragam untuk acara tertentu? Umumnya untuk acara nikahan kerabat, teman, saudara… https://t.co/imBNwM5Roa

  • https://t.co/JN4SJw90ec

  • https://t.co/fEwqR3y9ss

  • https://t.co/E3rwEWvgKi

  • https://t.co/f0hTnm5sX4

  • https://t.co/Un5j1cXb4W

  • Gamis batik Haifa https://t.co/Jm3AiUZo2o

  • linenlook – bahan baru untuk gamis haifa https://t.co/9OvLgxCMJH

  • 2.5 m x 1.5 m adalah minimal ukuran kain untuk gamis Haifa https://t.co/nHHNgklBRM

  • haifa gallery Vs inayalooks, apa bedanya ?? https://t.co/C4y8FRP6jE

  • Gamis Haifa, Real Clothes for Real Women https://t.co/arIo8XX3MM

  • Kain Toyobo atau kain Foyobo ? beda atau sama sih https://t.co/Cm7BXgDkfQ

  • https://t.co/LYWAYCOGtk

  • janome SUV1122,...alhamdullilah masih sehat, masih bisa "menghasilkan " :) ... https://t.co/MUmNiF74Jb

  • Artikel terbaru di blog RJH, menjawab pertanyaan cara meningkatkan kualitas jahitan, bisa dibaca disini ya :... https://t.co/2aKT13d0fB

  • https://t.co/6zRGzAyKu4

  • https://t.co/U8SwUmjTgi

  • Segenap kru Rumah Jahit Haifa, Haifa Gallery dan Inayalooks mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H... https://t.co/djVIbQTmMX

  • https://t.co/bPPq1aJWTH

  • dimasa kini, kancing tersedia dalam banyak ukuran dan bentuk serta terbuat dari banyak pilihan material...tapi... https://t.co/x37QiL8hos