….sepertinya sekarang makin banyak yang tertarik (lagi) belajar jahit yah šŸ™‚ + tertarik membeli mesin jahit. Banyak yang bertanya baik onlineĀ maupun offline seputar mesin jahit portable multifungsi ini, dan ternyata hal serupa juga dialami oleh suami saya ^_^, sering ditanya soal mesin portable ini.

Saya sendiri sebenarnya tidak kompeten loh untuk menjawab pertanyaan itu, ya karena sejak awal punya mesin jahit portable, itulah satu-satunya mesin yang saya pakai, tidakĀ punya dan tidak pernah pakaiĀ merk lainnya,Ā jadi saya tidak tau dengan merk atau jenis lain, baik harga, fiturĀ maupun pemakaiannya ^_^.

Yang menarik dari apa yang kami “tangkap” dari mereka yang bertanya tadiĀ adalahĀ persepsiĀ spt : mesinnya canggih, bisa bordir banyak motif, bisa obras, bisa neci, bisa bikin lubang kancing sendiri….jadi nggak perlu beli mesin lain ! Ā …. ^_^

Ada yang salah ? hmm tergantung….

Jika mesin itu digunakan untuk “domestic use” atau malah untuk belajar jahit pertama, tentu tidak salah, it’s fun ! it’s compact and It’ portable ! bisa dibawa kemana-mana, bisa jahit dengan beragam motif yang lucu-lucu ^_^ …. mesin ini pilihan tepat, dibandingkan dengan mesin jahit industri/high speed atau mesin jahit genjot/manual. Jika kebutuhannya adalah untuk domestic use tadi seperti jahit-menjahit baju sendiri, keluarga atau teman, yang hanya digunakan sesekali saja, it’s perfect !

Tapi, ketika kami tanyakan lagi apa tujuan utamanya membeli mesin jahit portabel itu ? jawabnya adalah : inginĀ seperti RJH alias terima order jahitan luar ^_^ …..hmmm kalau untuk tujuan ini, satu mesin itu tidak cukup.Ā Benar di mesin itu ada fungi bordir, ada fungsi obras ada fungsi necinya dan fungsi-fungsi lainnya, tapi menurut saya, untuk ketiga fungsi tadi yaitu bordir, obras dan neci itu baru “semi”, artinya “semi bordir”, “semi obras” dan “semi neci” ! Untuk fungsi lainnya seperti jahit atau lubang kancing kualitasnya masih baguslah. Ketika tujuannya adalah komersil, satu mesin ini tidak cukup ! Nggak percaya ? ya liat aja langsung ke tempat jahit atau konveksi deh atau sukur kalau bisa masuk ke pabrik garmen ^_^. Lihat disana, anda akan menemukan mesin obras sendiri, mesin neci sendiri, mesin bordir sendiri, dll, setiap fungsi dikerjakan oleh satu mesin sendiri. Kalau anda bisa berkunjung ke pabrik garment (seperti tempay saya dulu bekerja di Bandung) wahh..takjub deh liat mesin – mesin industri itu, merknya juga masih terdengan asing di telinga awam, ada Mitsubhisi, Toyota, Barudan, Tajima, Yamato, Pfaff, Kansai, PegasusĀ atau yang sudah familiar itu merk JUKI dan Brother, jangan tanyakan berapa harganya yah ^_^ … Tidak akan ada di satu tempat tadi yang isinya adalah misal : 5 atau 10 mesin jahit portable semua ^_^.

“Tapi kan ini buat usaha rumahan……” hmm, kalau begitu, itu sepenuhnya tergantungĀ anda sendiri,Ā standar kualitas jahitanĀ seperti apa yang anda berikan ke pada client anda (dan anda tagihkan ke client anda) ?

Sebenarnya banyak hal yang membedakan antara mesin jahit “domestic use” tadi dengan mesin jahit industri, tapi tidak usah semua dibahas di artikel ini yah, karena saya hanya akan membahas soal penggunaanĀ 1 mesin jahit portable tadi untuk semua keperluan jahit.

Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah penggunaan dinamo.Ā Mesin jahitĀ domestic useĀ itu menggunakan dinamo kecil, bandingkan dengan dinamo besar yang digunakan oleh mesin jahitĀ industri, seperti pada gambar dibawah ini.

Artinya apa ? artinya mesin ini memang cocok untuk “heavy duty” yang memiliki kecepatan tinggi dan konstan, sanggup di”geber” untuk produksi.

Saran saya, jika anda belum punya budget atau “space” untuk mesin obras, neci atau bordir, anda bisa bawa baju yang perlu di obras atau neci itu ke toko benang atau tempat yang menyediakan jasa ini, jangan gunakan obrasan atau necian dari mesin jahit multifungsi anda, ini yang saya lakukan dulu sewaktu masih menggunakan 1 mesin jahit genjot Butterfly ! ….

Sambil menabung untuk beli mesin obras atau neci sendiri, memang mahal, tapi anggap ini investasi anda ^_^

Tags: , , , ,

80 comments

  1. ira
  2. iyut
  3. Yus
  4. hilman
  5. adek
  6. reza
  7. eni rahayu
  8. Nurma
  9. istikomah
  10. siwi
  11. LANE
  12. anty
  13. Saniyyah
  14. Sifa
  15. rumahukami
  16. Dewi
  17. tripurwanti
  18. Erie Kustiyani
  19. sugias
      • sugias
      • sugias
  20. andry
  21. luluk
  22. Nur fadhilah
  23. adila
  24. Ici pratiwi
  25. mei
  26. mei
  27. dewi sartika
  28. lisa
  29. erwin
  30. Herman
  31. puji
  32. Yusi
  33. Gun
  34. Rita

Trackback e pingback

  1. Merek Mesin Jahit – Harga Mesin
    […] mesin jahit multifungsi – all in one, sudah cukup ? […]

Leave a Reply

  • https://t.co/V5GXpIpfoy

  • https://t.co/2PhxGnoBn9

  • https://t.co/Ppu3k8J1S2

  • https://t.co/JhMr8UGZgg https://t.co/IO1LqyipTQ

  • https://t.co/sCPMMRFs9D

  • https://t.co/TDFaOoW4ko

  • https://t.co/FtV3wTFnSe

  • ternyata ini toh sumbernya....., makin banyak yang kontak ke kami katanya rjh buka kursus jahit di internet,... https://t.co/q4IrpzskCw

  • https://t.co/tLlizpArVe

  • Assalamualaikum... Kami informasikan, untuk order jahit di RJH hanya akan di proses jika DP minimal 60% sudah... https://t.co/9YI3IlHCNI

  • so...yang sedang semangat2nya belajar jahit, tapi tidak mau bei mesin jahit "beneran" .. good luck ya :) ...... https://t.co/YXr6XZ2T0w

  • ancing merupakan salah satu bagian dari baju yang sering kita lihat dan kita pakai sehari-hari. Fungsi utama... https://t.co/M6gWNZenSJ

  • https://t.co/pO3vhmAacW

  • https://t.co/KOdaFiSCb7

  • https://t.co/ZQo3RIb8nP

  • https://t.co/TVqyIDyCJx

  • https://t.co/EQVKnyqRxl

  • Assalamualaikum, Kami informasikan untuk para pemilik baju jahitan di RJH yang sudah lama (ada yang lebih dari 2... http://t.co/OQxp7ZaCZu

  • http://t.co/PiSzSqqRot

  • http://t.co/ysATPg0iIf