by

In:

Comments Off on Kebaya pengantin Mba Dila di Jakarta (1)

Poto kebaya pada gambar disamping adalah special order dari Mba Dila di Jakarta.

Kebaya pengantin Mba Dila (Alhamdulillah sudah dilaksanakan beberapa hari lalu) yang dibuat dari bahan tile polos, tile motif (atau sering disebut dengan nama bahan brukat) yang digunting motifnya lalu ditempel pada tile polos, detail payet jepang dan swarowski (bukan yang KW ya ^-^).

Untuk membuat kebaya dengan model seperti pada gambar, bahan yang diperlukan antara lain:

-bahan tile polos 1,5m

bahan tile polos yang digunakan adalah yang jenis semi prancis. Mengapa semi prancis? alasannya adalah, karena bahan tile ini teksturnya cukup elastis, jadi lebih fleksible utk pemakaian ukuran diatas ukuran aslinya (bahannya bisa melar), tapi tidak terlalu “lembek”, jadi ketika diberi aplikasi full payet (payet sampai menutupi seluruh motif bunga) dan bahkan ditambah swarowski, tilenya tidak akan “meleyot”.

-selain tile polos, kita juga memerlukan tile motif atau brukat. Bahan tile motif yang dipakai pada kebaya ini ada 2 bahan/ 2 warna, yaitu yg gold-silver (artinya tidak silver dan tidak gold) dan yang berwaarna merah. Komposisi masing masing bahan tile motif yang diperlukan tergantung dari bahan tile/brukatnya sendiri apakah dalam 1 meter motifnya cukup banyak atau tidak. Untuk tile motif warna gold-silver dibutuhkan sekitar 2m, yang merah sekitar 1m.

-untuk detail yang dipakai adalah payet jepang dengan 2 warna (sesuai motif tile yang dipakai) dan swarowski sebagai center dari setiap motif utama.

-serta bahan satin utk bustie sekitar 1m (bagian luar dan dalam pakai satin). Kelengkapan untuk bustie, seperti lapisan, cup, tulang, dll disediakan RJH.

Pengerjaan kebaya full payet ini memerlukan waktu yang agak lama. Kalau proses pola potong dan jahit sih relatif singkat, cukup 1-2 hari. Nah…finishingnya itu yang memerlukan waktu jauh lebih lama daripada proses pola-potong-jahit. Dimulai dari mengunting-gunting motif ada brukat, lalu ditempel satu persatu, dijelujur dulu..kalau bentuk / pola motif sudah fix, baru dibordir. Setelah bordir, baru dipayet.

Kalau dihitung dengan 1 tenaga kerja finishing, proses finishing dari awal gunting motif, pasang payet sampai selesai membutuhkan waktu sekitar 2 minggu (+-). Belum lagi dikurangi waktu untuk fitting, karena setiap tahap perlu difitting dulu. Misal ketika motif baru dijelujur (sebelum diordir mati), sebaiknya fitting dulu baik kebaya maupun bustie.

Untuk jenis kebaya yang pas body (pres body) sepertinya jarang sekali yang langsung pas dibadan ketika fitting , paling tidak ada satu perbaikan/ukuran yang kurang pas. Oleh karena itu, sebelum dipayet, baju/kebaya sebaiknya (harus) di fitting dulu…Nggak kebayang kan kalau kebaya sudah dipayet full baru difitting, kalau ada yang tidak pas harus bongkar bongkar payet…^_^

Oia, ini baru set kebaya pengantin pertama ya, yang satu lagi dan seragam keluarga lainnya (batik) bisa dibaca di artikel kebaya akad nikah mba Dila ini.

Untuk melihat poto baju-baju jahitan RJH dalam ukuranlebih besar, dan photo baju lainnya, silahkan gabung di fan page Rumah Jahit Haifa di http://facebook.com/rumahjahithaifa

Untuk order jahitan silahkan kirim email ke susi [at] rumahjahithaifa.com, anda juga bisa menghubungi kami melalui telpon ke 0815.10.4567.78 atau SMS ke 0855.994.6778, untuk membeli produk jadi kami silahkan kunjungi toko online RJH.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,