dressmakerPenjahit identik dengan mesin jahit, meteren dan gunting ūüôā .Iyalah, setelah ada ide soal model pakaian yang akan dibuat, bikin sketsa yang dilajutkan dengan membuat pola, kemudian memotong kain yang akan dibuat sesuai dengan pola tadi, dan ini dikerjakan dengan menggunakan sebuah gunting kain.
Mustahil seorang penjahit tidak memiliki gunting kain.

Ini adalah gunting-gunting kain yang kami miliki, gunting disebelah kiri pasti sering anda lihat, kalau yang sebelah kanan ?
Tau kah perbedaan harganya ? yang kiri itu 25.000¬†sedangkan yang kanan 120.000, lumayan jauh kan bedanya…






Apa yang membuat beda sebuah gunting, kenapa harganya bisa beda jauh ?
Menurutku, sebuah gunting kain merupakan salah satu hal yang sangat fundamental dalam menjahit, jadi belilah yang bagus ! percayalah, mengunting kain dengan gunting yang bagus itu sangat enak, sebaliknya, memotong kain dengan gunting yang jelek, sangat-sangat menjengkelkan dan bisa merusak kain anda !
Kembali kepertanyaan diatas, apa bedanya gunting yang mahalan dengan yang murahan….
Gunting yang bagus¬†(bagian kanan pada gambar diatas) menggunakan nickel plated jadi lebih tajam dan lebih awet, selain itu ada geriginya, jadi untuk memotong kain yang licin atau tipis seperti sutra sangat mudah, kain tidak “lari”, tinggal “krek”. Sedangkan gunting yang satunya lagi, gampang tumpul dan cepat “dol” atau “selek”, dan percaya deh gunting ini tidak bisa memotong bahan yang tipis dan licin spt kain sutra, karena¬†kain gampang “lari”. Ok, anda bisa bilang, pakai jarum pentul dong, atau jahit kasar dulu aja, terus dipotong ! well, berapa lama waktu yang anda perlukan, efektifkan¬†? dan meskipun¬†kain sudah tidak “lari” , belum tentu potongan kain akan halus dan rapi.
Gunting diatas memang bukan gunting terbagus dan termahal yang ada dipasaran, masih banyak kok yang lebih mahal…tapi menurutku, cukuplah untuk Rumah Jahit Haifa menggunakan gunting tersebut, meskipun aku juga lagi nyari gunting yang lebih bagusan lagi.

Oia, selain gunting kain seperti gambar diatas, jangan lupa untuk membeli gunting seperti gambar dibawah ini, fungsinya untuk menggunting  benang dll, lebih simple dan praktis dibandingkan dengan gunting biasa. Tapi beli  yang bagusan ya.

gunting-benang

Untuk membeli gunting kain, ikutilah beberapa tips berikut ini :

1. Anggap saja gunting kain itu sebagai investasi anda, jadi belilah gunting yang bagus (mahal). Gunting yang bagus tahan lama/awet, daripada membeli gunting yang murah tetapi harus sering ganti.

2. Belilah gunting di toko benang/alat menjahit, jangan beli gunting kain di toko buku atau tempat foto copy :). Tanyakan ke penjual, gunting kain yang bagus itu apa, mereka pasti lebih tahu dan berpengalaman.

3. Minta pendapat atau rekomendasi dari penjahit lain tentang gunting kain yang bagus dan dimana bisa membelinya.

4. Jangan lupa untuk mengetes gunting sebelum dibeli. Cobalah memotong kain yang tipis dan licin, kalau tidak ada kain sutra, anda bisa mencoba pada kain satin. Perhatikan hasil guntingan, apakah kain gampang lari dan apakah gunting tersebut nyaman dipegang, tidak licin atau berat bagi tangan anda.

5. Rawatlah gunting anda. Jangan pernah sekalipun menggunakan gunting kain untuk menggunting benda-benda lain, meskipun kertas ! Apalagi untuk menggunting bungkus bumbu mie instant !  Hal tersebut bisa membuat gunting menjadi cepat tumpul. Jauhi dari jangkauan anak-anak (ini yang paling penting !).

Selamat berburu gunting kain and Happy Sewing ! ūüôā


Tags: , , , ,

9 comments

  1. Rania
  2. rosa
  3. Amel
  4. Wahyu

Trackback e pingback

  1. Gunting kok bengkok ?? ^_^ gunting bordir nih... | Rumah Jahit Haifa
    [...] Rania: terimakasih infonya mba ! sukses selalu buat RJH ya [...]

Leave a Reply

  • https://t.co/tZ9Tg0Eazl

  • kalau di Haifa, minimal bahan yang dibutuhkan untuk membuat gamis A-line adalah 2.5 m x 1.5 m, kenapa ?? klik... https://t.co/iyO1GuH0ea

  • https://t.co/M2o3NqpZaP https://t.co/rXJEMJtnAn

  • https://t.co/s5X6aGeOLV

  • sudah 8 tahun berlalu.... ini lah mesin jahit awal rjh menerima order jahitan ^_^ Yamazaki... sudah 8 tahun... https://t.co/4s5QO9oMoM

  • https://t.co/qqxLDL9BdX

  • https://t.co/Tzi6JGuESl

  • https://t.co/AqmkLpTxeU

  • https://t.co/Dl0GmXORua

  • https://t.co/RJQ3QkpT1a

  • https://t.co/aME1fJVt1o

  • https://t.co/AvXulqTYV8

  • Assalamualaikum kami informasikan bahwa Rumah Jahit Haifa tidak pernah membuka kursus jahit, jika ada informasi... https://t.co/0rLE7u0Kkl

  • https://t.co/pgp7bSeZHP

  • https://t.co/34sRhA24Xh

  • https://t.co/TAqXdznjed

  • artikel terbaru di blog RJH kali ini adalah sharing soal bahan untuk seragam acara pernikahan, dari beberapa kali... https://t.co/RpcXddfnJJ

  • https://t.co/Gmx38wEBQ6

  • https://t.co/V5GXpIpfoy

  • https://t.co/2PhxGnoBn9