Sebenarnya acara bazaar itu sendiri sudah diadakan minggu kemarin (18/05/2009) tapi tidak apalah kalau aku baru posting sekarang, karena yang penting itu bukan acara bazaarnya, tapi cerita atau pengalaman di balik acara bazaar itu yang ingin aku sharing.

Bazaar ini adalah bazaar yang pertama kali diikuti oleh rumahjahithaifa.com (RJH), o iya penyelenggara atau sponsor utama bazaar ini adalah Tabloid Nova dan Royco. Jadi, acara utamanya adalah demo masak bersama Sisca Switomo dan padu padan busana muslim oleh Team Nova. Persiapan RJH untuk acara ini sendiri antara lain : memperbanyak stok  produk/koleksi jilbab (polos maupun motif), gamis, blouse dan taplak meja sulam. Selain produk, RJH juga menyiapkan (membeli) tiang gantungan baju (gawang), X-Banner dan kartu nama.

Aku datang ke acara bazaar tsb jam 07:00 (acara mulai jam 07:00 – 13:00) dan inilah kesalahan
pertamaku 🙂 kenapa ? ya iyalah masa acara mulai jam 7, dateng juga jam 7, jadilah aku kerepotan sendiri, waktu buat nata-nata barang dan gantungan harus dikerjakan super cepat, dan bukan itu masalahnya, kalau kita datang telat, lapak kita bisa  “kegeser” oleh peserta lain. Jadi pajangan/dagangankita posisinya agak “nyelip” dan itu lah yang aku alami sendiri. Tiang pajangan produk seolah-olah “tenggelam” oleh tiang-tiang produk orang lain.
Kesalahan keduaku adalah tidak menyiapkan mini-banner dan poster-poster kecil yang mencolok misalnya :   DISKON BAJU BUTIK, JILBAB !!! dll…tapi kan RJH dah punya X-Banner ? begini ceritanya…..ternyata di acara Bazaar yang ada sponsornya seperti ini, pemasangan X-Banner (60×160 cm) tidak diperbolehkan, karena nanti dianggap sponsor resmi 🙁 ya terpaksa deh X-Banner tadi digulung lagi. Nah disinilah kegunaan mini banner dan poster-poster kecil tadi.

OK, itu tadi cerita nggak enaknya, nah sekarang aku mau cerita enaknya ya….yaitu OMSET !! … 🙂 aku ngk nyangka kalau acara bazaar yang cuma dari 7.00 – 13.00 efektif dari jam 09:00 12:00 ituhasilnya lumayan juga loh, dan mau tau produk yang jadi best seller RJH ? yaitu jilbab segi empat dan taplak meja sulam, untuk gamis dan blouse hanya laku dua biji. Selain pembeli, peminat atau pengunjung yang tertarik untuk menjahitkan bajunya juga lumayan banyak nih. Sebetulnya sih ada beberapa orang calon pembeli yang sampai dua kali bolak-balik melihat memegang dan menawar, tapi  mungkin karena tanggal tua kali ya, jadinya yang pengen beli baju terpaksa ditunda dulu.  Untuk mereka sengaja aku kasih kartu nama RJH, biar bisa liat-liat di webnya RJH.

Mengapa jilbab segi empat dari bahan double hicon dan taplak meja sulam dari kain tafeta yang paling laku ? padahal kalau dilihat dari penjualan online, produk tsb (terutama taplak dan dalam halini tdk semua produk taplak di uplooad) paling susah lakunya ?  mungkin karena  produk-produk tsb (jlbab dan taplak) kalau dilihat dari internet memang tidak terlalu menarik ya, padahal kalau dilihat langsung baru keliatan bagusnya, apalagi jilbab dari bahan double hicon itu…..tunggu postingan aku ya tentang kelebihan kain double hicon ini.

Nah dari cerita diatas, kalau aku tarik kesimpulannya, antara lain :

1. ikut Bazaar !! bagi anda yang punya usaha/jualan, ikutlah bazaar (sebanyak-banyaknya), kenapa ?

a.penjualan langsung = untung, ya kalau di bazaar yang cuma dari jam 9-13 aja untungnya     sudah lumayan, apalagi kalau ikutan bazaar yang rame dan berlangsung berhari-hari ya 🙂

b.promosi-promosi-promosi, sebenarnya di bazaar tsb tidak ada target penjualan di RJH, yang penting adalah promosi (makanya bikin X-Banner) tujuannya biar orang-orang tau kalau ada penjahit baru (online) di graha raya 🙂

c.belajar jualan, sama seperti point b diatas, tujuan utama sebenarnya bukan hasil penjualan tapi di acara bazaar ini aku mencoba untuk belajar berjualan langsung, face to face dengan pembeli, belajar bagaimana menarik perhatian pengunjung dan mempelajari “trend” atau “mode” yang lagi laku di luar. Selain belajar jualan, aku juga jadi tau kan kalau ada acara bazaar lagi.Bukankah bisnis itu all about selling ? 🙂

2. dateng pagi-pagi !!!, kalau perlu sholat subuh disana 🙂

3. bikin X-banner yang menarik perhatian, bikin juga mini banner dan poster-poster kecil dan jangan lupa bawa kartu nama sebanyak-banyaknya.

4. sehari sebelumnya siapkan semua perlengkapan pendukung (hanger,tiang baju,patung,poster dll) dan produk jualan anda, kalau sampai ketinggalan…wahh…siap-siap repot deh.

5. jaga stand jangan sendirian !, ajak teman atau staff anda untuk menemani, takutnya kalau ada keperluan “mendadak” tidak takut meninggalkan stand kita.

6. tentukan produk mana saja yang akan di beri diskon/obral, soalnya bazaar itu kan identik dengan harga murah/lebih miring, makanya untuk menarik perhatian sediakan produk yang akan diobral.

7. perhatikan juga segment pasarnya alias liat-liat acara bazaarnya, nggak lucu kan kalau judul bazaarnya misal produk murah untuk rakyat jelata, eh kita malah jualan gamis yang harganya satu juta keatas 🙂 siapa yang mau beli…

8. nah kalau sudah jaga stand, jangan cuma duduk manis saja layaknya didepan laptop, cobalah untuk “BERJUALAN”.

Itu saja sedikit tips yang aku ambil dari pengalaman ikutan bazaar pertamaku, tidak ada maksud untuk menggurui ya, aku cuma ingin sharing aja dan memberi semangat untuk para bunda yang punya usaha dagang atau memiliki keahlian tertentu untuk ikutan bazaar.

Tags: , , , , , , , , ,

2 comments

  1. gina

Trackback e pingback

  1. Jilbab segi empat dari bahan double hicon | Rumah Jahit Haifa
    [...] gina: wah, sip deh infonya… makasih mbak [...]

Leave a Reply

  • Kain apa yang cocok dipakai untuk lapisan tile printing ? https://t.co/oIl9LCLEzY

  • Ada yang suka dapat "jatah" bahan seragam untuk acara tertentu? Umumnya untuk acara nikahan kerabat, teman, saudara… https://t.co/imBNwM5Roa

  • https://t.co/JN4SJw90ec

  • https://t.co/fEwqR3y9ss

  • https://t.co/E3rwEWvgKi

  • https://t.co/f0hTnm5sX4

  • https://t.co/Un5j1cXb4W

  • Gamis batik Haifa https://t.co/Jm3AiUZo2o

  • linenlook – bahan baru untuk gamis haifa https://t.co/9OvLgxCMJH

  • 2.5 m x 1.5 m adalah minimal ukuran kain untuk gamis Haifa https://t.co/nHHNgklBRM

  • haifa gallery Vs inayalooks, apa bedanya ?? https://t.co/C4y8FRP6jE

  • Gamis Haifa, Real Clothes for Real Women https://t.co/arIo8XX3MM

  • Kain Toyobo atau kain Foyobo ? beda atau sama sih https://t.co/Cm7BXgDkfQ

  • https://t.co/LYWAYCOGtk

  • janome SUV1122,...alhamdullilah masih sehat, masih bisa "menghasilkan " :) ... https://t.co/MUmNiF74Jb

  • Artikel terbaru di blog RJH, menjawab pertanyaan cara meningkatkan kualitas jahitan, bisa dibaca disini ya :... https://t.co/2aKT13d0fB

  • https://t.co/6zRGzAyKu4

  • https://t.co/U8SwUmjTgi

  • Segenap kru Rumah Jahit Haifa, Haifa Gallery dan Inayalooks mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H... https://t.co/djVIbQTmMX

  • https://t.co/bPPq1aJWTH